Tips Berhenti Merokok dengan 'START', Bagaimana Caranya? - Berita B24

Kamis, 31 Mei 2018

Tips Berhenti Merokok dengan 'START', Bagaimana Caranya?


Berita Bet24 - Kita semua paham resiko beresiko dari merokok dapat mendekatkan diri lebih dekat pada kematian, namun rata-rata orang tidak gampang untuk hentikan kebiasannya itu.

Rokok memiliki kandungan nikotin serta berpuluh-puluh juta zat berbahaya yang lain. Nikotin didalam rokok lah yang buat ketagihan serta sukar melepaskannya. Bagaimana tidak, untuk perokok, rokok dapat membuang stres serta membuatnya terasa lebih enjoy.

Tapi, sebagian orang mengakui mau berhenti dari rutinitas jelek ini. Seperti Ahmad (21) yang mau berhenti merokok namun terasa begitu sukar.

" Pengin banget berhenti, telah coba-coba tapi susahnya minta ampun, "

Bertepatan dengan Hari Tanpa ada Tembakau Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Mei, diambil dari HelpGuide, ada beberapa tips untuk perokok yang mau berhenti merokok dengan mudah, yakni dengan 'START'.

S = Set a quit date

Susunlah tanggal kapan mulai berhenti merokok. Pilihlah tanggal dalam dua minggu ke depan, jadi mempunyai cukup saat untuk menyiapkan tanpa ada kehilangan motivasi untuk berhenti. Jika sering merokok ditempat kerja, mulai berhentilah diakhir minggu untuk beradaptasi dengan perubahan.

T = Tell family, friends, and co-workers that you rencana to quit

Berikan orang paling dekat, baik keluarga, rekan, atau rekanan kerja tentang rencanamu berhenti merokok. Karena anda membutuhkan support serta dorongan untuk lakukan hal tersebut, mereka dapat membantumu untuk berhenti merokok.

A = Anticipate and plan for the challenges you'll face while quitting

Buatlah antisipasi serta ide B untuk hadapi tantangan dalam berhenti merokok. Kebanyakan orang yang telah dapat berhenti bakal mulai merokok lagi dalam tiga bulan pertama. Jadi buat persiapan dirimu.

R = Remove cigarettes

Buanglah semuanya rokok yang anda mempunyai. Janganlah siapkan dirumah, mobil, kantor, atau tempat yang lain. Buang juga korek api serta asbak yang bisa mengakibatkan masalah dalam berhenti. Semuanya benda yang berbau asap rokok, lekaslah bersihkan serta bersihkan sampai sebersih-bersihnya.

T = Talk to your doctor

Sebaiknya untuk mengkonsultasikan ide untuk berhenti merokok ke dokter. Dokter dapat meresepkan obat yang bisa menunjang kurangi tanda pembatasan rokok, seperti pusing, sakit tenggorokan, serta lemas. Kamu dapat juga memakai permen karet atau lolipop jadi pengganti rokok.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar